Sigi  

BAZNAS Sigi Bantu Korban Musibah kebakaran Desa Luku.

SIGI – Sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat yang terdampak musibah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi, memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya hangus terbakar tampa tersisa di Desa Luku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi Kamis (04/05).

Bantuan berupa sembako, obat obatan, makanan, selimut dan kasur itu, diberikan langsung oleh ketua BAZNAS Sigi Hadi Wijaya kepada korban musibah kebakaran pemilik rumah bapak Darlan. “kami mengucapkan banyak terimakasih pada BAZNAS Sigi, yang sudah memberikan bantuan kepada kami”ungkapnya.

Darlan yang juga disabilitas dengan kondisi kakinya yang mengalami cacat, di dampingi istrinya, tidak henti hentinya mengucapkan syukur atas bantuan yang diterimnya. Kelurga yang memiliki enam anak ini menceritakan penyebab rumahnya yang tidak tersisa lagi itu.

Kejadiannya hari Selasa pagi itu sekitar pukul 09.00 WITA, dimana rumahnya tampa diketahui dikerumuni banyak tawon. Istrinyapun berupaya untuk mengusir tawon tersebut mengasapi rumah dengan membakar sabut kelapa, akan tetapi hal tersebut tidak menjadikan tawon yang berkeliaran keluar dari rumah, namun semakin banyak dengan mengerumuni sarangnya yang besar.

“saat dirinya membuka salah satu pintu lemari pakaian, ternyata didalamnya juga terdapat sarang tawon yang cukup besar”terangnya.

Saat meninggalkan menuju dan membuka lemari itulah, sarang tawon yang menempel di dinding rumah melelehkan madunya dan mengenai bara pengasapan yang dibuatnya untuk mengusir tawon.

“Akhirnya menimbulkan api dan membesar membakar dinding dan barang barang yang ada disekitarnya. Sayapun tidak bisa memadamkan api dan langsung meminta tolong pada warga, karena pagi itu banyak warga pergi ke kebun, dan hanya ada beberapa orang yang ikut membantu memadamkan”kisahnya dengan sedih.

Sehingga apipun kata istri Darlan, membakar semua rumah yang terbuat dari kayu. Syukurnya lanjut dia, anak anak pagi itu tidak berada di rumah, lagi sedang bermain. “Hanya baju di badan yang kami punya , barang lain tidak bisa diselamatkan”ungkapnya.

Ketua BAZNAS Sigi Hadi Wijaya mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian bagi sesama , khususnya warga yang tertimpa musibah. BAZNAS memiliki tanggung jawab yang sudah merupakan tugas, agar warga yang tertimpa musibah lebih diringankan atas apa yang dialaminya.

“Bantuan yang diberikan ini juga merupakan program peduli BAZNAS yang mengalami musibah, dan bantuan ini Insya Allah dapat bermanfaat walaupun nilainya tidak seberapa”kata Hadi.

Lanjut dia, hal ini juga tidak terlepas dari para Muzaki yang selama ini telah mempercakan BAZNAS Sigi, untuk menyalurkan Zakat Infak dan Sedekahnya (ZIS), sehingga ZIS tersebut dikelola dan disalurkan pada masyarakat yang benar benar menerima (Mustahik), sesuai dengan aturan.

“Kami mengucapkan terimakasih pada Muzaki khusunya ASN lingkup Pemda Sigi dan juga ASN lembaga struktural melalui zakat Maalnya. Insya Allah ini menjadi berkah dan Allah SWT akan membalasnya”ujar Hadi

Dirinya juga menghimbau, masyarakat yang memiliki penghasilan dari usaha atau harta yang sudah mencukupi haulnya, dapat mengeluarkan 2,5 persen dari harta tersebut dan menyalurkan ke BAZNAS Sigi, sebagai lembaga yang dipercayakan oleh negara untuk mengelola Zakat Infak dan Sedekah (ZIS). HW

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *