Sigi  

Gerindra Sigi Buka Pendaftaran, Hari Pertama Tiga Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Sigi Mendaftar

SIGI,- Kontestasi Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November 2024 makin sengit. Sejumlah partai besar di Kabupaten Sigi mulai melakukan penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati menjelang Pilbup.
Partai yang telah membuka penjaringan Bakal calon bupati (Bacabup) dan Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) diantaranya Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PAN, PBB, PKB, PKS dan Perindo. Menyusul partai-partai itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Sigi turut membuka penjaringan Bacabup dan Bacawabup yang dimulai hari Senin tanggal 6-20 Mei 2024.

Ketua Badan seleksi (Bansel) DPC Gerindra Sigi, Rahmat Saleh, membenarkan adanya pembukaan dan penjaringan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi untuk partai Gerindra.

Menurutnya, penjaringan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada warga Sigi dan siapa pun yang ingin mendaftar sebagai Bacabup dan Bacawabup pada Pilkada Sigi 2024.

“Sesuai hasil kesepakatan dan rapat internal, mulai hari ini Partai Gerindra membuka bakal calon kepala daerah,“ ucap Rahmat Saleh di Sigi, Senin sore, (6/5/2024).

Didalam mekanisme internal Partai Gerindra mengemukakan bahwa seleksi calon kepala daerah di mandatkan kepada badan seleksi (panitia internal) yang di bentuk oleh DPC berdasarkan instruksi dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) untuk melakukan proses adminstrasi maupun proses politik lainnya.

“Pada akhirnya pihak Bansel ini yang memberikan informasi yang cukup kepada pimpinan partai baik dari tingkat DPC, DPD maupun Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait kontestasi dan konstalasi calon kepala daerah yang akan bertarung di Kabupaten Sigi. Jadi format-format ini nanti yang akan kami keluarkan, namun yang perlu saya tekankan juga tugas Bansel menyusun administrasi dan rekomendasi. Perihal keputusan siapa yang akan ditetapkan oleh Partai Gerindra, itu urusan DPP,“ ujar Rahmat Saleh.

Disamping itu, Partai Gerindra memiliki tanggung jawab secara moral untuk menyediakan calon kepala daerah yang terbaik untuk masyarakat Sigi.

“Tentunya kami mencari calon kepala daerah seobjektif mungkin agar nantinya Partai Gerindra menghasilkan kandidat yang betul-betul amanah, punya kompetensi, punya kapabilitas dan komitmen memajukan kesejahteraan masyarakat serta mengembangkan pembangunan di Kabupaten Sigi,“ harap dia.

Merujuk pada peta kandidasi Pilkada Sigi, Wakil Ketua I DPRD Sigi ini menuturkan bahwa setidaknya saat ini telah ada tiga poros politik yang terkait dengan pembentukan koalisi di Kabupaten Sigi.

“Secara teori dan kontekstual, ini akan mungkin terbentuk apabila suatu partai memiliki kursi yang cukup dan banyak dan memiliki kader. Jadi kalau punya kursi banyak tapi tak memiliki kader, otomatis tidak akan bisa membentuk poros politik sendiri,“ akuinya.

Terkini, Partai besutan capres terpilih Prabowo Subianto ini menjadi the leading party (Partai Pemimpin).

“Gerindra Kabupaten Sigi yang diketahui pada Pileg 2024 kemarin memperoleh lima kursi, tak akan mungkin sekedar menjadi partai pelengkap diantara poros-poros yang lain. Kecuali di poros-poros yang sudah terbentuk ini Gerindra sudah punya posisi strategis. Misalnya baik dia kader kultural maupun struktural itu menjadi bagian dari pasangan calon, baru kami pertimbangkan untuk menjadi bagian dari poros politik yang sudah tersedia,“ tegas Rahmat Saleh.

Mengenai teknis pendaftaran, lanjut Rahmat Saleh, dirinya mengimbau kepada para kandidat yang mendaftar bahwa pemeriksaan dan verifikasi berkas akan dilakukan pada tanggal 21-26 Mei 2024.

“Untuk penyampaian hasil perbaikan dijadwalkan tanggal 27-31 Mei 2024. Kalau hal-hal lain untuk pemaparan visi-misi akan dilakukan tanggal 3 Juni-16 July 2024. Terkait jadwal masing-masing kandidat akan disampaikan secara personel oleh Pansel dan dilakukan di DPD Gerindra Jalan Elang Kota Palu“. tutupnya.

Pantauan media ini, dihari pertama dibukanya pendaftaran oleh DPC Gerindra Sigi terdapat tiga kandidat yang daftar. Ketiga kandidat tersebut yaitu, Jamaludin L Nusu selaku Ketua DPC sekaligus Kandidat Bupati Sigi menyerahkan berkas pencalonan ke Bansel. Selanjutnya Bacawabup Samuel Riga dan Desi Milsandi Pasaua. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *