Dekan FEBI: Mahasiswa penggerak moderasi beragama penting dibentuk

Palu, 14/6 (UIN-DK) – Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Doktor Sagis M Amin, menyatakan mahasiswa penggerak moderasi beragama penting dilakukan, agar mahasiswa memiliki pemahaman dan perilaku moderat dalam kehidupan sosial keagamaan.

“Khusus mahasiswa UIN Datokarama lingkup Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, pembentukan mahasiswa penggerak moderasi beragama penting sekali dilakukan,” kata Doktor Sagir M Amin, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.

Doktor Sagir M Amin menyatakan bahwa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, saat mulai melakukan pelatihan mahasiswa penggerak moderasi beragama, bagi mahasiswa lingkup FEBI.

Pelatihan tahap awal, ujar dia, melibatkan 550 mahasiswa dari semua program studi dan jenjang smester.

“Ini akan dilakukan terus secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” sebutnya.

Doktor Sagir menegaskan bahwa mahasiswa FEBI UIN Datokarama penting memiliki wawasan moderasi beragama. Hal itu karena, dalam berbisnis dan membangun usaha ekonomi, mahasiswa akan berhadapan dengan masyarakat yang beragam dari aspek agama, budaya, dan bahasa.

Sehingga, ia menegaskan, mahasiswa FEBI harus terbiasa dan membiasakan diri menerima segala bentuk perbedaan yang dihadapi dalam berbisnis dan membangun usaha ekonomi.

“Yang namanya bisnis, ya tidak terbatas pada identitas tertentu. Melainkan bebas dengan tetap mengedepankan prinsip ekonomi, kemanfaatan dan kemanusiaan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut dia, mahasiswa harus memiliki sikap dan wawasan yang moderat
, agar bisa berbisnis dan mengembangkan usaha ekonomi dengan baik.

“Sulit berbisnis dan mengembangkan usaha, jika tidak memiliki pemahaman dan sikap moderat,” katanya.

Sumber: Pengelola Dokumentasi dan Kehumasan UIN Datokarama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *