Sigi  

Atasi Kemiskinan Ekstrim Pemkab Sigi Gelar Rakor Penguatan DTKD

SIGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi kembali mengundang seluruh camat dan kepala desa serta seluruh operator ditingkat desa, guna Rapat koordinasi (Rakor) yang bertujuan pada penguatan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk mengatasi angka kemiskinan ekstrem di wilayah itu.

Rakor juga dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait baik tingkat provinsi maupun kabupaten. Bertempat di Aula UPT Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Desa Sidera, Kecamatan Sigi Kota, Rabu pagi, (12/6/2024) waktu setempat.

Bupati Sigi, Mohamad Irwan dalam sambutannya mengatakan, pentingnya penguatan DTKS. Suami Hazizah ini mengemukakan, pengumpulan data yang akurat dan terkini sangat krusial untuk memastikan bahwa program-program sosial, seperti masagena, tepat sasaran dan efektif dalam mengentaskan kemiskinan.

” Kita pastikan bahwa data yang kita miliki ini valid dan mencerminkan kondisi sebenarnya terjadi di lapangan,” tekannya.

Untuk itu, para pimpinan di wilayah itu diminta untuk aktif mengkoordinasikan pengumpulan data masyarakat menengah ke bawah. Pengumpulan data ini harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari tingkat desa, dusun, hingga RT/RW.

” Tujuan dari pengumpulan data ini adalah untuk memastikan bahwa masyarakat yang membutuhkan bantuan, terdata dalam DTKS sehingga dapat memperoleh manfaat dari berbagai program pemerintah, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan,” katanya.

DTKS merupakan basis data yang sangat penting dalam penyaluran bantuan sosial dan program pengentasan kemiskinan. Melalui DTKS, pemerintah dapat mengidentifikasi dan menargetkan rumah tangga yang berada dalam kondisi ekonomi menengah ke bawah, sehingga bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran. Bupati Irwan menekankan bahwa validitas data sangat menentukan efektivitas program-program tersebut.

” Penguatan data DTKS adalah langkah awal yang fundamental. Jika data kita kuat, kita bisa memastikan bahwa bantuan yang kita salurkan benar-benar sampai kepada mereka yang membutuhkan,”ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa data yang valid akan membantu pemerintah dalam merancang kebijakan yang lebih tepat dan berkelanjutan untuk penurunan kemiskinan.

Bupati Irwan berharap dengan adanya penguatan data DTKS ini, program-program penurunan kemiskinan di Kabupaten Sigi dapat lebih efektif dan tepat sasaran.

” Saya berharap semua pihak dapat berkomitmen untuk terus memperbaiki dan memperkuat data kita. Mari kita bekerja bersama-sama untuk Sigi yang lebih baik dan sejahtera,” pungkas Bupati Irwan.

Disela kegiatan, juga dilakukan penyerahan bantuan dalam program terpadu percepatan penurunan stunting dan penanggulangan kemiskinan (Tangguh Bersinar) kepada orang tua asuh penerima manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *