Kapolres Banggai Hadiri Rangkaian Acara Adat Mombowa Tumpe di Kecamatan Batui

BANGGAI,- Kapolres Banggai AKBP Yoga Priyahutama SH, SIK, MH, menghadiri rangkaian acara adat Mombowa Tumpe di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Jumat (2/12/2022) sore.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pengawalan ketat dari aparat Polsek Batui dan Koramil, guna memberikan rasa aman, lancar dan suksesnya ritual adat yang sudah berusia ratusan tahun ini.

Mombowa Tumpe dalam bahasa Batui artinya membawa telur pertama Burung Maleo. Ritual adat ini tidak lepas dari sejarah masa lalu antara masyarakat Batui dan Keraton Kerajaan Banggai di Kabupaten Banggai Laut, Provinsi Sulawesi Tengah.

Hadir dalam kegiatan itu yakni, Bupati Banggai diwakili Sekab Banggai Abdullah Ali, Sekdis Pariwisata Kabupaten Banggai, Sekdis Pariwisata Kabupaten Tojo una-una, Deputi Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif Diana Indrayati, Anggota DPRD, Camat Batui, Kapolsek Batui, Danramil Batui, Bosanyo Batui, perangkat adat Batui dan para Kades serta Lurah se-Kecamatan Batui.

Kegiatan yang dihadiri sekitar ratusan masyarakat ini merupakan ritual adat ini rutin digelar setiap tahun di awal Desember. Mombawa Tumpe atau pengantaran tumpe dari rumah adat Batui menuju pelabuhan tumpe dilakukan dengan berjalan kaki.

Setelah sampai di pelabuhan tumpe, kemudian telur tumpe yang dibawa, langsung dinaikkan ke atas perahu dan kemudian dibawa ke Pulau Banggai atau Kabupaten Banggai Laut dengan dikawal oleh Ketua Perangkat Adat bersama para pengawal.

Selama kegiatan ritual adat pengantaran tumpe, personil Polsek Batui bersama Koramil melakukan pengaman dan pengaturan lalu lintas sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan aman dan lancar. (MB)

Sumber : Humas Polres Banggai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *