Pemkab Bangkep Peringati Hari Lahir Pancasila

BANGKEP,- Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis pagi (1/6), memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023.

Bertindak sebagai Inspektur upacara Pj Bupati Bangkep, Ihsan Basir beserta Forkopimda, pimpinan organisasi perangkat daerah (opd), aparat kepolisian, TNI dan berbagai kalangan bertempat di halaman kantor Bupati Bangkep Kota Salakan.

Dalam amanat Presiden RI yang dibacakan Ihsan Basir selaku Inspektur upacara, bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa dan negara.

Idiologi merupakan kekuatan pemersatu dan kekuatan sumber segala sumber hukum negara Pancasila sebagai dasar.

Idiologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bidang penuntun (LEITSTAR) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita pendirian negara, mewujutkan masyarakat Indonesia yang merdeka bersatu berdaulat adil dan makmur.

Pancasila digali dan lahir dari Bumi Indonesia menjadi konsensus Nasional untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila sehingga Pancasila senantiasa sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara pancasila memgandung nilai-nilaai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengamalan akal serta pengalaman religius bangsa Indonesia dengan pancasila bukan wacana belaka, melainkan realitas obyektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat politis, historis maupun kultural.

Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Indonesia, tidak hanya menjunjung tinghi Pancasila sebagai Dasar Negara atau tujuan berbangsa, namun turut menjadikan pancasila sebagai pegangan dalam kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Peringatan acara hari pancasila berlangsung khidmat. (HFD)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *