Poso  

Rapat Aksi 8 Review Kinerja Tahunan Stunting, Resmi Di Buka Wabup Poso

POSO, Sigipos.com,-Wakil Bupati Poso (Wabup) M. Yasin Mangun, S.Sos membuka Rapat Evaluasi Penanganan Stunting Kabupaten Poso Tahun 2022 di Aula Hotel Ancyra pada Senin, (5/12/2022).

Dalam sambutan Bupati Poso, diwakili Wakil Bupati Poso menjelaskan bahwa Indonesia akan mengalami masa emas pada tahun 2045, yang berarti bahwa Indonesia sudah memasuki usia satu abad.

Menurutnya Dimasa itu ditargetkan Indonesia sudah menjadi negara maju dan sejajar dengan negara adidaya.

” Untuk mewujudkan itu memang dibutuhkan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, sumber daya manusia harus unggul, berkualitas, dan berkarakter,”ungkapnya.

Menurut Wabup Poso para generasi muda saat ini merupakan penentu masa depan Indonesia dan daerah Kabupaten Poso, diusia 100 tahun ke depan mereka semua sumebr daya manusia Indooensia yang membawa dan menentukan kemajuan bangsa Indonesia di masa depan, dan yang terpenting bahwa mereka akan menerima tongkat estafet kepemimpinan.

Permasalahan stunting telah menjadi agenda pembangunan Nasional, dan pada tahun 2022 Kabupaten Poso telah ditetapkan sebagai salah satu Kabupaten lokasi focus perluasan intervensi penurunan stunting terintergrasi.

Berdasarkan data rilis resmi prevalensi stunting tahun 2019 berada pada angka 21,67% sedangkan pada tahun 2022 mengalami penurunan berada pada angka 10,07%.

Terkait hal ini Wabup Poso meminta perhatian dan kerjasama semua sektor, Bahwa intervensi tidak hanya dilakukan oleh sektor kesehatan saja, namun juga dilakukan oleh sektor lain. Karena keberhasilan program ini dipegaruhi oleh sektor non kesehatan dengan proposi mencapi 70 persen.

‘Saya berharap semua stakeholder bisa mengambil peran sesuai tugas dan fungsinya masing-masing secara sinergis diwilayahnya untuk mendapatkan hasil yang optimal. Serta juga aktif memberikan ide-ide, gagasan, dan inovasi yang dapat kita kembangkan dan aplikasikan dalam mendukung upaya penurunan stunting bahkan pencegahan kasus stunting di Kabupaten poso” pungkas wabup pada akhir sambutannya.

Ditempat yang sama, di sampaikan oleh Kadis Kesehatan Kabupaten Poso dr. Taufan Karwur bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso sangat serius dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Poso. Salah satu langka kongkrit yang dilakukan yaitu melalui inovasi Penunjukan Mosintuwu Mamporewu Balita Stunting Dalam Rangka Mendukung Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Poso tahun 2022.

Turut hadir pada kegiatan tersebut seluruh OPD, Camat, pimpinan Puskesmas dan para undangan lainnya.

Sumber : Bid.IKP Poso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *