Poso  

Durian Taunca Poso Pesisir Jadi Komoditi Unggulan Daerah

Bupati Poso saat itu juga mencoba cara memetik durian langsung dari pohonnya dengan menggunakan alat sederhana bersama warga petani durian lainnya. (Foto : DKP)

SIGIPOS.com,- Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang menyempatkan mengunjungi Petani Durian dan turut merasakan kegembiraan masyarakat Taunca yang sedang panen durian.

Menurut Bupati Poso, produksi tanaman durian Taunca Poso pesisir kedepan bias menjadi komoditi unggulan daerah bersama wilayah kecamatan lainnnya seperti Pamona Selatan khususnya di Desa Mayasari yang juga mengandalkan tanaman durian sebagai komoditi unggulan saat ini.

“Apalagi empat tahun kedepan sesuai laporan pak kades Desa Taunca yang masih memiliki 100 hektare kebun tanaman durian yang siap panen tentu saja menjadi harapan masyarakat petani durian bias surplus durian karena pada saat itu ada 200 san hectare tanaman durian siap produksi/panen” Ujar Bupati Poso.

Melihat besarnya potensi tanaman durian Desa Taunca Poso Pesisir ini, bupati Poso memerintahkan OPD terkait untuk memberikan dukungan penuh agar para petani durian di desa tersebut bisa lebih nayaman untuk bisa sampai dikebunnya dengan membuatkan jalan kantong produksi serta akses jalan lingkar yang langsung menghubungkan Ibu Kota kabupaten yang pengerjaannya bisa dimulai pada tahun ini melalui anggaran perubahan.

Bupati Poso juga meminta dinas terkait umkm dan ketahanan pangan untuk melakukan pembinaan agar ibu-ibu petani durian bisa membuat home industry dari bahan durian untuk penambahan peningkatan pendapatan keluarga yang bisa dipasarkan baik ditingkat local Poso maupun keluar Poso dengan jaminan mutu produksi yang berkualitas

Menurut Kepala Desa Taunca untuk tahun 2023 ini telah dipanen buah durian dari kebun masyarakat seluas 90 hektare.

Bupati Poso saat itu juga mencoba cara memetik durian langsung dari pohonnya dengan menggunakan alat sederhana bersama warga petani durian lainnya. Dengan menggunakan gunting serta jaring durian montong dipetik hati hati agar tidak langsung jatuh ke tanah sehingga buah durian itu tidak rusak tetap utuh sampai dibawah.

Bupati Poso yang didampingi suami tercinta yang juga Ketua PMI Poso Roy Kaloh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Frits Sampurnama, SH. M.Ap, serta beberapa kepala OPD Poso juga menikmati lezatnya suguhan durian Taunca yang terkenal legit dan lembut dengan ketebalan tekstur dagingnya yang padat. (DKP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *