Pemda Tolitoli Menerima Penghargaan Dari Kemenkumham Sulteng

Tolitoli,- Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli pada Dinas Perkebunan Dan Peternakan menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Tengah yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Moh Besar Bantilan, didampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Moh. Nasir Dg. Marumu, S.pt, SIP, M.Si

Pemberian penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kementerian Provinsi Sulawesi Tengah Herlina, S.Sos,SH, ruang kerja Wakil Bupati Tolitoli pada Rabu, (8/02/2023)

Penyerahan penghargaan ini kepada pemda tolitoli tersebut oleh tim verifikasi pendaftaran berdasarkan Indikasi Geografis (IG) Komoditi Cengkeh Kabupaten Tolitoli

Piagam Indikasi Geografis tersebut di peruntukkan bagi masyarakat sebagai Perlindungan Indikasi Geografis Cengkeh Tolitoli (MPIG-CT).

Serta dilanjutkan dengan pemberian Piagam Indikasi Geografis kepada Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Tolitoli karena sudah memberikan dukungan dalam pendaftaran indikasi geografis yang selanjutnya akan diproses untuk mendapatkan sertifikat indikasi geografis.

Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan menyampaikan bahwa produksi Cengkeh khususnya yang ada di Kabupaten Tolitoli mengalami penurunan, hal ini dikarenakan biaya operasional serta biaya perawatan yang cukup mahal sehingga banyak para petani cengkeh sudah mulai beralih profesi.

Wakil Bupati Tolitoli menambahkan, meskipun harga komoditi Cengkeh mengalami penurunan, tetap masih ada beberapa pengrajin cengkeh yang hingga saat ini masih memproduksikan hasil karya mereka dalam berbagai macam bentuk kerajinan tangan seperti miniatur Kapal yang terbuat dari buah Cengkeh, Jam Dinding, serta Burung Garuda dan masih banyak lagi kerajinan tangan yang menggunakan bahan utama Cengkeh.

Sumber : DKP Tolitoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *